Syaiful Anam on Hatena Blog

Blog Syaiful Anam

Inidia Cara Menanam Durian dari Biji

Cara Menanam Durian dari Biji

Cara menanam durian dari biji bisa anda dapatkan di sini. Siapa tahu beberapa dari anda sedang membutuhkan informasi tersebut. Jawabannya ada pada artikel ini. Di sini akan dijelaskan secara jelas urutan yang harus dikerjakan ketika mau menanam durian dari bijinya. Silahkan di simak baik-baik catatan ini.

f:id:syaifulanam77:20171117154719j:plain

Setujukah anda jika ada yang bilang bahwa durian adalah rajanya buah? Kurma ajwa yang ditanam sendiri oleh nabi lebih patut sebagai rajanya buah. Sudah tidak diragukan lagi jika sangat baik bagi tubuh dengan berbagai kandungan pada buah kurma. Ok balik lagi ke tema.

Bagaimana sih step dalam menanam durian dari biji? Berikut ini merupakan cara menanam durian dari biji yang biasa banyak petani buah lakukan .

1. Siapkan Bibit Unggul

Cari buah durian matang dengan jenis apasaja yang anda inginkan. Kalau bisa carinya ditempat yang terkenal dengan rasa durian yang lezat. Bijinya dikumpulkan jangan dibuang. 

2. Bersihkan Biji

Biji durian tadi dibersihkan dengan air mengalir. Biji durian tadi sebaiknya benar-benar dicuci hingga bersih.

3. Pilih Benih yang Bagus

Simpan biji yang memiliki bentuk sempurna atau berisi. Disini kita telah mempunyai biji yang bagus.

4. Simpan Bibit Durian

Setidaknya ada dua pendapat mengenai ini. Buatlah 2 kelompok biji yang telah disiapkan. Pertama taruh biji durian di tempat kering. Kelompok kedua taruh biji durian di tempat lembab. Simpan kurang lebih 2-4 minggu. Kemudian baru bisa disemai.

5. Bibitkan Pada Polybag

Sekarang saatnya untuk memindahkan biji-biji tersebut pada polybag. Siapkan polybag 1biji /polybag. Tanah dan pupuk isikan ke masing-masing polybag. Taruh biji dengan posisi tegak.

6. Perawatan Bibit Durian

Selama 3-6 bulan harus dirawat biji dalam polybag tersebut. Penyiraman dilakukan pada biji sebanyak 2x sehari, kebanyakan pada pagi dan sore hari. Beri pupuk kandang setiap bulan agar tanaman tumbuh subur.

7. Pindahkan ke Lahan

Pemindahan pada lahan seharusnya diproses ketika bibit telah tumbuh setinggi kira-kira 40 cm. Buat bedengan agar ketika turun hujan, tidak ada genangan air. Bibit harus buatkan jarak agar bisa tumbuh dengan baik.

8. Perawatan Lebih Lanjut

Siram secara rutin. Untuk bibit baru cukup disiram 1x sehari. Dalam waktu seminggu bibit disiram 2-3x ketika berumur 1 bulan. Jangan sampai lupa untuk pemberian pupuk secara rutin.

Ternyata tidak sulit ya untuk cara menanam durian dari biji. Jika sudah berhasil menggunakan cara di atas, anda dapat menerapkannya dalam skala lebih besar.

Dapatkan bibit durian unggul berkualitas di tempat Bpk Navis. Di sana ada banyak macam bibit durian unggul seperti bibit durian musang king, bibit durian montong dan bibit durian bawor. Pilih jenis bibit durian yang anda inginkan .

Lebih lanjut silahkan kunjungi website www.jualbibitduriannavisa.com 

Artikel ini dipersembahkan oleh anam.my.id dan ciptasolusindo.my.id

Terima kasih